WELCOME TO D'best World comunity, kebersamaan dalam keluarga besar komunitas adalah hal yang paling terindah dalam hidup ini

kategori

Thursday, December 29, 2011

kreasi produk makanan kuliah kwirausahaan

Bagi anda yang mau buka usaha dan masih bingung menentukan jenis usaha apa, saya disini  berbagi sedikit informasi tentang bahan-bahan yang cocok untuk segera memulai usaha.
Bulan november 2011 akhir, Kami sekelas diminta dosen kewirausahaan, yaitu bapak Fathurrohman M.Si,  untuk membuat suatu produk yang mungkin bisa laku di pasaran. Dengan syarat dibuat oleh sendiri, tidak boleh membeli ataupun dibuatkan oleh orang lain dan produk yang benar-benar orisinil. Sejumlah 45 orang anggota kelas D dibagi ke dalam 9 kelompok. Hasil produk tiap kelompok akan dipamerkan di aula kampus 2 UNY, ketika hari H UAS mata kuliah kewirausaan tanggal 3 januari 2011.
Karena ada miss komunikasi antara dosen dan mahasiswa, maka terjadilah salah paham. Salah paham yang dimaksud adalah pak dosen sempat berujar bahwa presentasi hasil produk tiap kelompok harus jadi 2 minggu sebelum UAS, maka kelompok yang mendapat giliran maju prensentasi pertama hari itu sudah mempersiapkan dengan sangat baik. Akhirnya mau tidak mau dosen harus menilai  4 kelompok yang sudah siap tersebut.
Pada Tanggal 14 desember 2011, Satu persatu kelompok menampilkan produk kewirausahaannya. Urutan Penampilan yaitu sebagai berikut:
1.   Bakso tahu dan Susu jagung
Kelompok ini beranggotakan Anisa, Ngum, Mita, Irfan dan Yusron. Produk ini menampikan makanan yang memang sudah biasa dikonsumsi masyarakat luas, yaitu bakso dan tahu. Adapun yang unik dan menjadi ciri khas makanan ini adalah isinya. Isi yang terkandung dalam bakso tahu ini bukan hanya bakso daging sapi biasanya namun dicampur dengan sayuran. Sayuran yang menjadi campurannya berupa brokoli, wortel, dan sayuran lainnya. Makanan ini salah satunya cocok bagi ibu-ibu yang kesulitan untuk memberi asupan gizi dari sayuran bagi anak-anaknya.
2.  Keripik tepung isi Sayur dan jamur
Kelompok ini beranggotakan Aan, sarwo, mahendra, agung dan viki. Makanan yang disajikan menawarkan sesuatu yang berbeda dari produk maknanan kebanyakan dipasaran saat ini. Makanan ini menggabungkan antara tepung, sayuran dan jamur.
3.  Bakso bangjo warna-warni
Produk makanan ini merupakan hasil maha karya kelompok yang beranggotakan Dewi, dhiah, arvindari dkk. Yang unik dari bakso ini adalah bakso daging sapinya berwana-warni seperti lampu lalu lintas di jalan raya. Merah, kuning dan hijau. Isi bakso juga ada kentang yang telah dipotong kecil-kecil.

No comments:

Post a Comment

pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar,,,